Rabu, 14 Desember 2011

LEADERSHIP



1. Kesimpulan dari materi leadership
pengertian dari leadership adalah sebagai suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota dan orang lain agar mau bekerja dengan suka rela untuk mencapai tujuan kelompok.
dalam leadership ada namanya Pendekatan – Pendekatan Studi Kepemimpinan yaitu :
  1. Pendekatan Kesifatan
  2. Pendekatan Perilaku – Perilaku (Behaviors)
  3. Pandangan Situasional (Contingency)


Unsur-unsur Kepemimpinan
  • kader penggerak,
  • Adanya peserta yang digerakkan, adanya komunikasi, adanya tujuan organisasi
  • Adanya manfaat yang tidak hanya dinikmati oleh sebagian anggota

Fungsi Kepemimpinan
  • Mengambil keputusan
  • Mengembangkan informasi
  •  Memelihara dan mengembangkan loyalitas anggota
  • Memberi dorongan dan semangat pada anggota
  •  Bertanggung jawab atas semua aktivitas kegiatan
  •  Melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan
  •  Memberikan penghargaan pada anggota yang berprestasi
Tugas pemimpin
  •  Mengambil inisiatif
  •  Mengatur langkah dan arah
  •  Memberikan informasi
  • Mendorong, bersahabat, bersikap menerima
  • Bersikap mendamaikan
  • Berkemampuan mengubah dan menyesuaikan pendapat
  • Memperlancar pelaksanaan tugas

Tipe Kepemimpinan
  • Tipe dengan Orientasi Tugas (Task Oriented)
Para manajer mengarahkan dan mengawasi bawahan secara tertutup untuk menjamin bahwa tugas dilaksanakan sesuai yang diinginkannya.
  •   Tipe dengan Orientasi Karyawan(Employee Oreinted)
Para manajer lebih memotivasi bawahan dibanding mangawasi mereka. Para anggota kelompok diberi kesempatan untuk berprestasi dan berkembang.

2. Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.


3. Tugas pemimpin dalam perusahaan yang pasti adalah sebagai pemegang keputusan,dalam memilih hal-hal yang di anggap lebih penting. mengambil inisiatif, memberikan motivasi terhadap bawahan untuk mengontrol kestabilan kinerja bawahan.Memberikan informasi terhadap bawahan dari atasan,informasi tersebut baik bersifat penting ataupun yang formal.

4. Gaya kepemimpinan adalah suatu merupakan pola tingkahlaku esensial/dominan yang dimunculkan individu/pemimpin ketika dia berusaha mempengaruhi bawahannya.
 apa bila saya jadi pemimpin saya akan memilih gaya dengan Orientasi Karyawan(Employee Oreinted), karena menurut saya gaya ini adalah gaya yang terbaik ,di sebabkan Para manajer lebih memotivasi bawahan dibanding mangawasi mereka. Para anggota kelompok diberi kesempatan untuk berprestasi dan berkembang sehingga kemungkinan karyawan bisa lebih baik dan menguntungkan bagi karyawan.