Minggu, 27 Oktober 2013

WAKATOBI ANDALKAN WISATA SELAM DAN INDUSTRI KREATIF

WAKATOBI ANDALKAN WISATA SELAM DAN INDUSTRI KREATIF
Terletak di Sulawesi Tenggara Ibu kota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut. Wakatobi memiliki keaneka ragaman hayati yang kaya akan wisata bawah laut. Objek-objek yang mampu memanjakan mata membuat Wakatobi menjadi salah satu tujuan wisatawan untuk melihat ‘dunia bawah laut’.  Terkenalnya Wakatobi menjadikan aspek wisata menjadi mata pencaharian pilihan bagi penduduk nya.

Pariwisata bahari adalah aktivitas wisata yang sudah lama dikenal dan merupakan pariwisata andalan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air. Wisata ini memberikan peluang usaha yang cukup baik, masyarakat sekitar bekerja dengan menyediakan akomodasi yang diperlukan oleh wisatawan yang datang serta membuat dan menjual berbagai macam kerajinan khas Wakatobi. Namun sayangnya promosi untuk Wakatobi dapat dibilang kurang mampu mendongkrak nama Wakatobi sendiri. Hal ini terjadi karena belum adanya kerja sama yang baik antara pemerintah ,pihak swasta serta masyarakat sekitar Wakatobi itu sendiri.
Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili, antara lain Acropora formosa, A Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, Tubastraea frondes, Stylophora pistillata, Sarcophyton throchelliophorum, dan Sinularia spp tinggal harmonis bersama penghuni bawah laut lainnya. Namun masalah terbesar jika Wakatobi mampu merebut hati ‘pecinta’ pulau Bali adalah ancaman lingkungan. Bagaimana pihak-pihak terkait harus mampu membuat Wakatobi tidak rusak karena perbuatan wisatawan yang datang dan tidak ada kesadaran lingkungan yang baik

3 komentar:

  1. Informasi bagus di sini, saya ingin berbagi dengan Anda semua pengalaman saya mencoba mendapatkan pinjaman untuk memperluas Bisnis Pakaian saya di Malaysia. Sangat sulit pada bisnis saya turun karena penyakit kecil saya waktu singkat maka ketika saya sembuh saya membutuhkan dana untuk mengaturnya lagi bagi saya untuk memulai jadi saya bertemu Mr Benjamin seorang petugas konsultan pinjaman di Le_Meridian Funding Service. Dia bertanya saya tentang proyek bisnis saya dan saya katakan kepadanya saya sudah memiliki One dan saya hanya perlu pinjaman 200.000,00 USD dia memberi saya formulir untuk diisi dan saya juga dia bertanya kepada saya tentang ID Valid saya dalam beberapa hari. Mereka melakukan transfer dan pinjaman saya diberikan . Saya benar-benar ingin menghargai upaya di sana juga mencoba untuk memberikan ini kepada siapa pun yang mencari pinjaman bisnis atau masalah keuangan lainnya untuk Menghubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di Email: lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. Ia juga tersedia di WhatsApp Contact: +1 -9893943740.

    BalasHapus